WANITA

“Barangsiapa yang mempunyai tiga orang anak perempuan lalu ia melindungi, mencukupi, dan menyayanginya maka wajib baginya surga. Ada yang bertanya, “Bagaimana kalau dua orang anak wanita wahai, Rasulullah? Nabi saw. menjawab, “Dua anak wanita juga termasuk.”

(HR al-Bukhari)

Ilustrasi
  1. Tahukah engkau bahwa yang pertama kali tinggal di Masjidil Haram adalah wanita. Ia adalah ibunda kita, Siti Hajar, istri Nabi Ibrahim a.s.
  2. Tahukah engkau bahwa yang pertama kali beriman kepada Rasulullah saw. adalah wanita. Ia adalah istri Nabi saw., Siti Khadijah r.a..
  3. Tahukah engkau bahwa darah yang pertama kali tumpah di jalan Allah SWT adalah darah wanita. Ia adalah syahidah Sumayyah, ibu dari Ammar bin Yasir.
  4. Tahukah engkau Allah Subhaanaahu wa Ta aala menurunkan AlOur’an dan di dalamnya ada surah bernama wanita (an-Nisaa’). Itulah surah ke-4 dan surah terpanjang ke-4 dalam Al-Qur’an,ada 176 ayat setelah al-Bagarah 286 ayat, al-A’raaf 206 ayat, dan Ali ‘Imraan 200 ayat. Sementara itu, surah ar-Rijal (laki-laki) tidak kita temukan di dalam 114 surah.
  5. Tahukah engkau Nabi saw. bersabda, “Aku berwasiat pada kalian agar bersikap baiklah terhadap wanita.” Itulah kalimat yang ia ulang-ulang hingga tiga kali dalam khutbah perpisahannya (wada’) sebelum Nabi saw. meninggalkan kita semua selamanya. Tahukah engkau Nabi saw. bersabda, “Siapa yang memiliki tiga anak wanita lalu mendidiknya dan berhasil baik dalam pendidikannya maka itu akan menjadi pembebas baginya dari api neraka.” Sahabat bertanya, “Bagaimana jika hanya dua anak wanita saja, ya Rasulullah?” Jawab Nabi saw., “Dua anak wanita pun bisa.” Kata sahabat lagi, “Bagaimana bila hanya satu anak wanita saja, Baginda Rasul?” Jawab Nabi saw., “Satu anak wanita pun juga bisa.”
  6. Tahukah engkau bahwa surga itu terletak di bawah kaki ibu (wanita), alJannatu tahtaa agdaamil ummahaat (surga itu berada di bawah telapak kaki ibu).

 

Adakah kemuliaan yang melebihi semua ini bagi wanita? Katakanlah wahai para wanita, “Alhamdulillaahi ‘alaa ni’matil Islaam.” (Umar bin Hafizh)

Jadi, Jika ada yang mengatakan bahwa Islam adalah agama yang tidak memuliakan wanita, sesungguhnya mereka (musuh-musuh Islam) telah mengambil sebuah kesimpulan yang salah besar.

Sharing Sosial Media

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *