SUNNAH NABI SAW PADA HARI JUMAT

“Sesungguhnya, hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jum’at maka perbanyaklah shalawat kepadaku di dalamnya, | karena shalawat kalian akan ditunjukkan kepadaku, para sahabat berkata, “Bagaimana ditunjukkan kepadamu, sedangkan engkau telah menjadi tanah? Nabi bersabda, Sesungguhnya, Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para nabi.

(HR Abu Dawud, Ibnu Majah, dan an-Nasa’i)

 

SUNNAH NABI SAW PADA HARI JUMAT
Ilustrasi

Hari Jum’at disebut sayyidul ayyam (puncak dari segala hari), yakni hari mustajabnya doa-doa. Pada hari itu pula seluruh umat Islam, khususnya laki-laki, berbondong-bondong ke masjid untuk menunaikan shalat Jum’at. Kemuliaan hari Jum’at ini dibuktikan dengan banyaknya ragam ibadah-ibadah sunnah yang dikerjakan khusus pada hari itu. Sebelum shalat Jum’at, disunnahkan mandi, mencukur kumis dan bulu-bulu yang tersembunyi, menggunting kuku, memakai wewangian dan baju baru, serta datang lebih awal.

Dalam beberapa riwayat dikisahkan bahwa Nabi saw. melakukan aktivitas tertentu pada hari Jum’at. Aktivitas tersebut tidak melulu bersifat ritual, misalnya dzikir, berdoa, shalat, dan sejenisnya. Akan tetapi, beliau saw. juga mengerjakan ibadah yang bersifat sosial. AlSuyuthi dalam kitabnya Amal Yaum wa Lailah mengatakan, “Nabi saw. membaca surah al-Ikhlaash, al-Falaq, dan an Naas usai shalat Jum’at sebanyak tujuh kali dan beliau saw. juga memperbanyak shalawat pada hari Jum’at dan malamnya. Nabi saw. juga mengerjakan shalat sunnah setelah shalat Jum’at di rumahnya, tidak di masjid. Setelah itu, apa yang dilakukan Nabi saw.? Beliau saw. mengunjungi saudaranya, menjenguk orang sakit, menghadiri pemakaman jenazah atau menghadiri akad nikah.”

Nabi saw. mengajarkan untuk memperbanyak membaca shalawat. Usai membaca shalawat dan melantunkan doa, biasanya beliau saw. melakukan shalat sunnah di rumahnya.

Sumber: Ibnu Basyar, Menjadi bijak dan bijaksana; jilid III, Depok; Gema Insani, 2016.

Sharing Sosial Media

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *