SAAT IBU BERTANYA

“Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah saw. bersabda, Jika seorang perempuan melaksanakan shalat lima waktunya, melaksanakan puasa pada bulannya, menjaga kemaluannya, dan menaati suaminya, ia akan masuk surga dari pintu mana saja ia kehendaki

(HR Ibnu Hibban dalam Shahih-nya)

 

Mengapa Hanya Perempuan yang Diperintahkan untuk Taat pada Suami?

Seorang perempuan pernah menelepon ke acara “Fatwa on Air” dan berkata, “Ustadz yang saya hormati, saya ingin bertanya. Mengapa Islam hanya mengikat kami, kaum perempuan, untuk taat pada suami kami dengan segala penghalalan dan pengharamannya, sedangkan para suami tidak diikat dengan hukum apa pun untuk mematuhi istrinya juga?”

Sebelum menjawab pertanyaan itu, ustadz tersebut bertanya, “Apakah kamu punya anak laki-laki?” Perempuan itu menjawab, “Tiga orang putra.”

Baca Juga Artikel: IBU YANG PEMBOHONG

Kemudian, ustadz itu berkata, “Allah memerintahkanmu untuk patuh pada satu orang laki-laki, tetapi di sisi lain Allah memerintahkan pada tiga orang laki-laki untuk patuh kepadamu. Bahkan, mereka tidak akan merasakan kenikmatan hidup di dalam surga, kecuali jika mereka taat kepadamu dan memperlakukanmu dengan baik. Jadi, Siapa menurutmu yang lebih istimewa?”

Perempuan itu pun menjawab dengan rasa syukur, “Segala puji bagi Allah atas nikmat keislaman ini.”

 

Mengatasi Anak yang Tak Mau Shalat Shubuh

“Wahai Syekh, anak-anakku tidur sangat nyenyak. Aku tak mampu membangunkan mereka untuk shalat Shubuh. Lantas, apa yang mesti kulakukan?”

Syekh menjawab, “Kalau sekiranya AC terbakar dan terjadi kebakaran, apa yang akan Ibu lakukan?”

“Akan aku bangunkan mereka,” jawab sang ibu.

“Namun, tidur mereka amat nyenyak,” lanjut syekh.

“Demi Allah, akan aku bangunkan, walaupun aku harus menyeret mereka,” tukas sang ibu.

Syekh pun melontarkan sebuah pernyataan, “Itu yang Ibu lakukan untuk menyelamatkan anak-anak Ibu dari api dunia. Jadi, lakukanlah hal yang sama untuk menyelamatkan mereka dari api akhirat.”

Sumber: Ibnu Basyar, Menjadi bijak dan bijaksana; jilid III, Depok; Gema Insani, 2016.

Sharing Sosial Media

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *