AGAR SHALAT KITA DITERIMA

 

Ilustrasi

Tanya:

Pak Ustadz, saya ingin bertanya, adakah tips atau cara agar shalat saya diterima dan mendapatkan keutamaan dari Allah?

 

Jawab:

Di dalam agama islam, shalat menempati posisi terpenting ubudiyah manusia. Shalat juga disebut sebagai tiang agama. Oleh karena itu, agar shalat tidak hanya sekedar ritual semata dan hanya sebatas melakukan kewajiban, ada hal yang perlu diperhatikan ketika malaksanakan ibadah shalat.

Pertama, shalat harus thuma’ninah. Setiap’ umat islam harus memperhatikan gerakan dalam shalat. Artinya, shalat yang dilakukan oleh seorang hamba harus pelan, dan tidak terburu-buru, sebagai mana anjuran dalam agama islam.

Kedua, kesalahan membaca bacaan. Hal yang perlu diper hatikan ketika shalat, kita harus teliti membaca bacaa shalat. Jangan sampai karena terburu-buru, lalu bacaan shalat kita terlalu cepat sehingga membuat salah: baik makharijul huruf atau tajdwidnya Ketika makharijul huruf dan tajdwid salah, bisa berakibat fatal pad salahnya makna dari bacaan shalat itu, apalagi salah dalam membaca fatihah atau surat-surat pendek. Itu bisa sangat fatal.

Di dalam mengerjakan shalat, kita harus benar-benar memperhatikan syarat dan rukun sahnya shalat, karena tanpa memperhatikan hal tersebut, shalat kita bisa batal tanpa kita sadari. Ketika shalat kita batal, berarti kita tidak mendapatkan pahala dari shalat kita. Hal ini sama halnya dengan puasa. Jika kita berpuasa tidak memperhatikan syarat dan rukun sahnya puasa, kita hanya akan mendapatkan lapar dan dahaga. Wallahu A’lam Bisshawab.

Sumber: Ustadz Abdul Somad, Lc, M.A, Tanya Jawab seputar Tauhid, Akhlak, Sholat, Puasa, Zakat, Qurban, Haji/Umroh & Fatwa Milenial Lainnya, Jakarta; Sinar Bulan, 2019, Hal. 92

Sharing Sosial Media

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *